A. Pengertian DROP OUT
Yang dimaksud dengan drop out adalah keluar
dari sekolah sebelum waktunya, atau sebelum lulus. Drop out demikian ini perlu
dicegah, oleh karena hal demikian dipandang sebagai pemborosan bagi biaya yang
sudah terlanjur dikeluarkan untuknya. Banyaknya peserta didik yang drop out
adalah indikasi rendahnya produktivitas pendidikan. Tingginya angka drop out
juga bisa mengganggu angka partisipasi pendidikan atau sekolah.
Mahasiswa Drop Out adalah mahasiswa melebihi jangka waktu
studi dan atau melanggar ketentuan yang berlaku (menurut peraturan di SekolahTinggi Ilmu Ekonomi Nadhlatul Ulama Jepara).
Putus sekolah atau drop out dapat diartikan menarik diri dari masyarakat
yang didirikan, terutama karena kekecewaan dengan nilai-nilai konvensional.
melanggar ketentuan yang berlaku (menurut peraturan
Jenis Pemberhentian Status Kemahasiswaan (Drop
Out):
1. DO Administratif
diberlakukan kepada mahasiswa yang tidak
melakukan daftar ulang selama dua semester berturut-turut
2. DO Akademik
diberlakukan kepada mahasiswa karena tidak
memenuhi ketentuan akademik. DO akademik digolongkan menjadi dua yaitu:
a.
DO prestasi
yaitu DO karena mahasiswa mempunyai IP
semester sebesar 1,50 atau kurang pada tiga semesterpertama berturut-turut
b.
DO masa studi
yaitu DO akibat tidak terpenuhinya ketentuan masa studi sebagaimana ketentuan masa studi yang
berlaku
3.
DO Luar Biasa
diberlakukan kepada mahasiswa yang melanggar
ketentuan hukum, susila dan etika.
B. Penyebab DROP OUT
Ada banyak sebab mengapa peserta didik drop
out dan tidak menyelesaikan pendidikannya. Rendahnya
kemampuan yang dimiliki ini, menjadikan penyebab peserta didik merasa berat
untuk menyelesaikan pendidikannya. Oleh karena itu, peserta didik dengan
kemampuan rendah demikian, perlu mendapatkan perlakuan khusus yang berbeda
dengan peserta didik kebanyakan.
Kedua, karena tidak punya biaya untuk sekolah. Ini terutama banyak terjadi di daerah-daerah pedesaan dan kantong-kantong kemiskinan. Pada daerah demikian, jangankan untuk biaya pendidikan, untuk kebutuhan sehari-hari saja peserta didik bersama keluarga merasa tidak mencukupi. Pada hal, haruslah disadari, bahwa semakin tinggi tingkatan dan jenjang pendidikan yang akan ditempuh oleh peserta didik, semakin banyak pula biaya pendidikan yang harus dikeluarkan.
Ketiga, karena sakit yang tidak tahu kapan sembuhnya. Ini menjadikan penyebab siswa tidak sekolah sampai dengan batas waktu yang dia sendiri tidak tahu. Lantaran sudah jauh tertinggal dengan peserta didik lainnya, maka kemudian ia lebih memilih tidak bersekolah saja ketimbang bersekolah, karena teman-teman sebayanya sudah hampir menyelesaikan sekolah.
Keempat, karena bekerja. Pekerja anak-anak, pada negara-negara sedang berkembang sangat banyak jumlahnya. Tidak jarang, anak-anak ini juga bekerja pada sektor formal yang terikat oleh waktu dan aturan. Waktu yang ditetapkan oleh perusahaan tempat bekerja bisa saja berbenturan dengan waktu ia harus masuk sekolah. Oleh karena itu, lambat laun ia tidak dapat sekolah lagi, karena harusbekerja.
Kelima, harus membantu orang tua di ladang. Di daerah agraris dan kantong-kantong kemiskinan, putra laki-laki dipandang sebagai pembantu terpenting ayahnya untuk bekerja di ladang. Untuk membantu di ladang, dibutuhkan waktu yang relatif banyak sehingga seringkali menjadikan peserta didik tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Karena itu, tidak jarang mereka tidak dapat mengikuti lagi pelajaran yang diberikan. Merasa tidak dapat mengikuti tersebut, kemudian peserta didik drop out.
Keenam, karena di-drop out oleh sekolah. Hal ini terjadi karena yang bersang-kutan memang sudah tidak mungkin dapat dididik lagi. Tidak dapat dididik lagi ini, bisa disebabkan karena memang kemampuannya rendah, atau dapat juga karena yang bersangkutan memang tidak mau belajar.
Ketujuh, karena peserta didik itu sendiri yang ingin drop out dan tidak mau sekolah. Pada peserta didik demikian, memang tidak dapat dipaksa untuk bersekolah, termasuk oleh orang tuanya sendiri.
Kedelapan, terkena kasus pidana dengan kekuatan hukum yang sudah pasti. Pidana yang dialami oleh peserta didik untuk beberapa tahun, bisa menjadikan yang bersangkutan akan drop out dari sekolah. Karena tidak mungkin sambil dipidana dengan tetap bersekolah.
Kesembilan, karena sekolah dianggap tidak menarik bagi peserta didik. Karena tidak menarik, mereka memandang lebih baik tidak sekolah saja.
Berdasarkan laporan teknis penelitian lapangan oleh Sweeting dan Muchlisoh pada tahun 1998, beberapa penyebab murid keluar dari sekolah adalah:
Kedua, karena tidak punya biaya untuk sekolah. Ini terutama banyak terjadi di daerah-daerah pedesaan dan kantong-kantong kemiskinan. Pada daerah demikian, jangankan untuk biaya pendidikan, untuk kebutuhan sehari-hari saja peserta didik bersama keluarga merasa tidak mencukupi. Pada hal, haruslah disadari, bahwa semakin tinggi tingkatan dan jenjang pendidikan yang akan ditempuh oleh peserta didik, semakin banyak pula biaya pendidikan yang harus dikeluarkan.
Ketiga, karena sakit yang tidak tahu kapan sembuhnya. Ini menjadikan penyebab siswa tidak sekolah sampai dengan batas waktu yang dia sendiri tidak tahu. Lantaran sudah jauh tertinggal dengan peserta didik lainnya, maka kemudian ia lebih memilih tidak bersekolah saja ketimbang bersekolah, karena teman-teman sebayanya sudah hampir menyelesaikan sekolah.
Keempat, karena bekerja. Pekerja anak-anak, pada negara-negara sedang berkembang sangat banyak jumlahnya. Tidak jarang, anak-anak ini juga bekerja pada sektor formal yang terikat oleh waktu dan aturan. Waktu yang ditetapkan oleh perusahaan tempat bekerja bisa saja berbenturan dengan waktu ia harus masuk sekolah. Oleh karena itu, lambat laun ia tidak dapat sekolah lagi, karena harusbekerja.
Kelima, harus membantu orang tua di ladang. Di daerah agraris dan kantong-kantong kemiskinan, putra laki-laki dipandang sebagai pembantu terpenting ayahnya untuk bekerja di ladang. Untuk membantu di ladang, dibutuhkan waktu yang relatif banyak sehingga seringkali menjadikan peserta didik tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Karena itu, tidak jarang mereka tidak dapat mengikuti lagi pelajaran yang diberikan. Merasa tidak dapat mengikuti tersebut, kemudian peserta didik drop out.
Keenam, karena di-drop out oleh sekolah. Hal ini terjadi karena yang bersang-kutan memang sudah tidak mungkin dapat dididik lagi. Tidak dapat dididik lagi ini, bisa disebabkan karena memang kemampuannya rendah, atau dapat juga karena yang bersangkutan memang tidak mau belajar.
Ketujuh, karena peserta didik itu sendiri yang ingin drop out dan tidak mau sekolah. Pada peserta didik demikian, memang tidak dapat dipaksa untuk bersekolah, termasuk oleh orang tuanya sendiri.
Kedelapan, terkena kasus pidana dengan kekuatan hukum yang sudah pasti. Pidana yang dialami oleh peserta didik untuk beberapa tahun, bisa menjadikan yang bersangkutan akan drop out dari sekolah. Karena tidak mungkin sambil dipidana dengan tetap bersekolah.
Kesembilan, karena sekolah dianggap tidak menarik bagi peserta didik. Karena tidak menarik, mereka memandang lebih baik tidak sekolah saja.
Berdasarkan laporan teknis penelitian lapangan oleh Sweeting dan Muchlisoh pada tahun 1998, beberapa penyebab murid keluar dari sekolah adalah:
1.
banyak anak keluar dari sekolah disebabkan
oleh sulitnya ekonomi yang berakibat secara langsung pada biaya sekolah tidak
dapat dipenuhi. Keluarga dengan penghasilan rendah menghadapi kesulitan lebih
besar dalam mendapatkan sumbangan komite sekolah untuk anak-anak mereka di SD,
untuk membeli dan merawat pakaian seragam sekolah, dan dalam menyediakan makan
dan berbagai keperluan yang diperlukan di sekolah seperti pensil dan buku;
2.
anak lebih mementingkan untuk membantu menambah
penghasilan orang tua. Anak-anak yang lebih tua dari keluarga berpenghasilan
rendah bisa juga keluar dari sekolah sebab mereka dibutuhkan untuk dapat menambah
pendapatan keluarga;
3.
ada anak yang tidak dapat meneruskan sekolah
karena sakit yang terus-menerus, kondisi demikian ini karena asupan gizi yang
kurang baik. Kembali lagi pada masalah ekonomi keluarga yang sulit untuk
memenuhi kebutuhan gizi yang baik untuk anak-anaknya.
Banyak
anak SD tidak mampu melanjutkan sekolahnya ke tingkat SLTP karena berbagai
alasan, yaitu:
1.
terbatasnya tempat di sekolah,
2.
tingginya biaya sekolah dan uang transpor
dalam hubungannya dengan rata-rata pendapatan keluarga,
3.
pilihan anak itu sendiri untuk tidak
melanjutkan sekolah,
4.
keputusan orang tua untuk tidak meneruskan membiayai
anaknya di jenjang SLTP, karena takut mereka akan keluar dari rumah untuk
mencari penghidupan yang lebih baik karena pengetahuan yang bertambah di
tingkat SLTP.
Penyebab
drop-out di AS menurut McDowell (1996) adalah :
1.
Frustasi karena tuntutan
sekolah
2.
System pendidikan yang
salah
3.
Frustasi
Diperkirakan 1,2 juta mahasiswa di Amerika
serikat setiap tahunnya putus sekolah , di mana tingkat lulusan sekolah menengah
peringkat ke-19 di dunia. Alasan
bervariasi diantaranya: untuk mencari pekerjaan, menghindari bullying, darurat
keluarga, nilai miskin, kehamilan yang tak terduga, lingkungan yang buruk,
kurangnya kebebasan, dan kebosanan dari kurangnya pelajaran relevan dengan
dunia kerja.
C. Dampak DROP OUT
·
menjadi pengangguran
·
tunawisma
·
meningkatnya kriminalitas di kalangan pelajar
D. Penanganan DROP OUT
Penanganan drop out tentu tidak bisa
dilaksanakan oleh sekolah sendiri, melainkan haruslah terpadu dan bersama-sama
dengan lingkungan lain: keluarga dan masyarakat. Pemerintah juga perlu
mengupayakan bagaimana agar drop out ini dapat ditekan. Sebab, kalau hanya satu
lembaga saja yang berusaha menekan angka drop out, maka tidak akan dapat
berhasil sebagaimana yang diharapkan.
Kasus-kasus
drop out demikian, memang tidak selamanya dapat dipecahkan. Dalam pengertian,
ada beberapa kasus peserta didik drop out yang dapat dicegah dan tidak dapat di
cegah.
Pada peserta didik drop out karena alasan
biaya, masih dapat dicarikan jalan keluarnya dengan memberikan beasiswa,
mencarikan orang tua asuh dan sebagainya. Sedangkan jika peserta didik drop out
karena tidak bersekolah, sangat sulit pemecahannya. Oleh karena itu, amanat
wajib belajar, dengan memberikan sangsi bagi orang tua peserta didik mereka
yang tidak sekolah, bisa dijadikan sebagai sarana untuk menekan angka drop out.
DAFTAR PUSTAKA
Subliyanto (2011). Drop Out Peserta Didik.
From : http://subliyanto.blogspot.com/2011/02/drop-out-peserta-didik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar